Visi misi

VISI :

“ Terwujudnya masyarakat Desa Kedungmalang yang Religius, Nasionalis, Aman, Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berbudaya dan Berakhlaq Mulia “

MISI :

  1. Mewujudkan nilai-nilai religius masyarakat Kedungmalang dalam setiap gerak langkah tindakan baik dalam keseharian maupun bermasyarakat.
  2. Menumbuhkan jiwa nasionalisme lewat kegiatan pada Hari-hari besar keagamaan dan Nasional.
  3. Mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan Desa Kedungmalang
  4. Meningkatkan kesehatan, kebersihan Desa serta mengusahakan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui program Pemerintah.
  5. Mewujudkan dan meningkatkan serta meneruskan tata kelola pemerintahan Desa yang baik.
  6. Meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada Masyarakat Desa dan daya saing Desa.
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dengan mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat Desa, serta meningkatkan produksi rumahtangga kecil.
  8. Meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga dan kebudayaan di desa.
  9. Meningkatkan kehidupan yang harmonis, guyup rukun, mengedepankan partisipasi dan gotong royong masyarakat di Desa Kedungmalang
  10. Mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.

PROGRAM KERJA

1.BIDANG PEMERINTAHAN

Pemerintahan Desa merupakan unit terkecil dari Pemerintahan Nasional, dimana berbagai permasalahan dimulai dari Desa. Untuk itu Pemerintahan Desa harus solid, akuntabel, profesional, amanah serta ramah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Untuk mencapai hal  tersebut diatas dan menciptakan pemeritahan yang baik (Good Government) perlu dilakukan beberapa hal ;

  1. Pembenahan Aparatur Pemerintah Desa

Aparatur Pemerintah Desa Kedungmalang perlu dibenahi dan dibina agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing, sehingga tidak tejadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

  1. Peningkatan Pelayanan Publik

Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda-bedakan status dalam masyarakat, sepanjang pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norna dalam masyarakat dan hukum yang berlaku.

  1. Transparansi Keuangan

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Petinggi dan aparaturnya, masalah keuangan harus transparan (terbuka). Transparansi keuangan yang dimaksud adalah dimana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang didapat dengan pengalokasianya minimal satu kali dalam setahun dan membuat laporan kepada BPD dan disosialisasikan kepada masyarakat melalui papan Informasi.

  1. Sinergisitas dengan BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Petinggi serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah yang strategis terhadap pembangunan didesa. Selain itu BPD juga dapat diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2. BIDANG PEMBANGUNAN

Pembangunan pada hakekatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik menjadi baik, dari yang tidak manfaat menjadi manfaat dan dari rusak menjadi bagus. Pembagunan ada dua macan yaitu pembangunan mental atau Akhlak dan pembangunan Fisik

1.Bidang Pembangunan Akhlak

Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadi manusia yang berahlaqul. Sarananya adalah pengajian-pengajian diskusi-diskusi keagamaan, hal ini perlu mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin berat.

2. Bidang Pembangunan Fisik

 

  1. Membangunan Sarana Transportasi

Pembangunan sarana transportasi diiarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan betonisasi dan pengaspalan jalan dan pelebaran jalan sempit agar transportasi hasil perikanan dan pertanian lancar dan menekan biaya angkut.

2. Pembangunan sarana pendidikan non formal

Memberikan kepedulian penuh dengan menambah insentif bagi guru TPA ,   TPQ dan Madin.

  1. Pembangunan bidang olahraga

Memberikan kepedulian penuh terhadap bidang olahraga di desa, sehingga pengembangan potensi pada cabang-cabang olahraga di desa dapat berjalan secara optimal dan berkesinambungan.

 

3. BIDANG KELAUTAN DAN PERTANIAN

Sebagian besar penduduk Desa Kedungmalang adalah hidup dari hasil laut dan pertanian ( garam dan sawah), sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para nelayan dan petani di desa, seperti sulitnya mendapatkan BBM, sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, dengan demikian desa akan hadir memberikan peningkatan permodalan melalui BUMDES dan unit koperasi. Sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan petani desa.

4. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Meliputi ;

  1. Mengoptimalkan kinerja RT dan RW.
  2. Berfungsinya PKK sebagai wadah bagi pembinaan kepada ibu-ibu untuk berkarya.
  3. Memberdayakan BUMDes yang transparan

 

 

 

5. PENUTUP

Dengan mengucap Bissmillahirrahmannirrahim semoga niat baik saya dalam mengabdi kepada Desa di Ridhoi oleh ALLAH SWT.

Silahkan komentar dari Facebook anda
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com